Pergeseran Benua




 Benua adalah hamparan daratan yang sangat luas. Bagian tengah benua umumnya kering dan panas karena tidak mendapat pengaruh angin laut. Menurut Alfred Wagener(1880-1939) ahli meteorologi Jerman dalam bukunya "Geography the World and Ist' People" mengatakan bahwa sebelum jaman karbon (200 juta tahun yang lalu) benua awalnya adalah satu yang bernama Benua "Pangea" Perkembangan selanjutnya Benua Pangea pecah menjadi dua bagian besar yaitu (1) Benua Laurasia dan (2) Benua Gondwana. Peristiwa itu terjadi sekitar 135 juta tahun yang lalu. Kemudian perkembangan selanjutnya Benua Laurasia pecah menjadi
  1. Benua Amerika Utara
  2. Benua Eropa
  3. Benua Asia
Sedangkan Benua Gondwana terpecah menjadi :
  1. Benua Amerika Selatan
  2. Benua Afrika
  3. Benua Australia
  4. Benua Antartika
Teori Wagener tersebut disebut dengan teori "Pergeseran Benua". Berikut ini adalah bukti bahwa dahulu benua bergabung jadi satu yaitu:
  1. Bahwa benua terdiri dari lapisan silisium alumunium yang terapung dalam lapisan silisium magnesium atau lapisan mantel bumi.
  2. Adanya kenyataan bahwa lekukan atau bentuk pantai Afrika Timur, Amerika Utara, dan Amerika Utara, dan Amerika Selatan dengan pantai barat Eropa dan Afrika hampir sama.
  3. Adanya fakta bahwa pulau Greenland menjauh dari Eropa sejauh 36 meter setiap tahun
  4. Pulau Madagaskar dalam gerakannya ke arah barat terhambat oleh Afrika
  5. Kenyataan bahwa tanah di Amerika Selatan, Afrika, India, Australia, dan Antartika menunjukkan persamaan karakter

No comments:

Powered by Blogger.